Ganti Judul dan ALt sendiri

6 Website Menulis Artikel Dibayar Untuk Tulisan Islami


Peluang menulis artikel islami online

Punya hobi nulis dan ingin mendapatkan penghasilan dari hobi tersebut? Di era digital yang serba mudah ini, semua hal itu sangat memungkinkan. Untuk Teman Fillaah yang menyukai tema tulisan Islami, Aishawa akan berbagi daftar website menulis artikel dibayar khusus tema Islam.

Apabila kamu suka mempelajari ilmu agama Islam, suka mengkajinya, berdiskusi, dan punya kepedulian terhadap literasi Islam, akan memberikan peluang kebermanfaatan yang lebih besar apabila menuliskan dan mempublikasikannya. Ini juga memberikan peluang membuka pintu rezeki loh.

Jika kamu suka menulis dan tertarik bekerja sebagai freelancer, sebaiknya menguatkan motivasi agar semakin kuat tekad untuk mewujudkannya. Banyak loh muslimah yang telah sukses membangun karirnya di dunia kepenulisan. Salah satu contohnya adalah teman Aishawa, Mom Queen. Motivasi yang kuat adalah salah satu kunci yang Mom Queen pegang.

Motivasi Menulis Artikel Islam

Mengapa memilih artikel Islam sebagai tema dalam penulisan? Hal-hal berikut ini mungkin bisa menguatkan motivasimu:

1. Menulis literasi Islam berarti juga menyebarkan nilai Islam dan berdakwah

2. Kebutuhan masyarakat akan literasi Islam sangat tinggi. Umat Islam memiliki kesadaran untuk mengetahui segala sesuatu tentang agamanya, namun tidak memiliki akses langsung dengan pemuka agama.

Google adalah jalan ninja sejuta umat untuk bertanya tentang permasalahan agama Islam. Jadi, peluangnya sangat besar. Media berita online juga banyak yang memasukkan kategori khusus tentang Islam ini.

3. Menggunakan waktu untuk hal bermanfaat bagi diri sendiri, Islam, dan masyarakat.

4. Bernilai ibadah dan mendapatkan pahala jika niat dan caranya benar.

5. Peluang mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus keluar rumah.

Jika kamu sudah memiliki motivasi yang kuat, saatnya mengenal hal-hal mendasar dalam penulisan konten Islam di media online

Perhatikan Hal Ini Dalam Penulisan Artikel Islam di Media Online

Menulis artikel Islam untuk kebutuhan publikasi di media online hendaknya memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Miliki niat yang baik untuk memberi informasi dan mengedukasi sesuai kaidah Islam yang benar.

2. Pilih media Islam yang tidak menyuarakan kebencian terhadap pemeluk Islam lain yang berbeda pandangan, misal yang suka memberikan label tertentu di banyak artikelnya. Memangnya ada? Ada. Media news yang netral mungkin lebih sesuai dan nyaman.

3. Fokus pada satu atau dua topik yang lebih kamu kuasai saat baru memulai. Misal lebih memahami kategori shirah atau kisah inspiratif muslim, maka pilih yang itu dulu.

4. Setiap media memiliki ideologi dan karakteristik tersendiri. Pelajari terlebih dahulu karakter media tersebut sebelum membuat tulisan.

5. Perhatikan juga standar penulisan yang digunakan pada postingan artikel sebelumnya. Kamu bisa merasakan dan beradaptasi dengan gaya bahasa mereka dalam artikelmu.

6. Terapkan cara penulisan artikel yang baik. Ini mencakup pemahaman tentang EYD, tata bahasa yang baik, kemampuan merangkai kalimat secara efektif, serta gaya penulisan yang sesuai dengan berbagai jenis topik artikel. Ikuti ketentuan setiap website dalam penulisan artikel, misalnya berapa jumlah kata yang diharapkan.

7. Buatlah tulisan yang orisinil dan belum dimuat di media lain termasuk blog pribadi. Hindari menggunakan bantuan AI. Manfaatkan AI dengan bijak untuk mencari inspirasi dan membuat outline saja.

8. Kuatkan tulisan kamu dengan data yang relevan.

9. Pilihlah referensi dari sumber yang kredibel. Untuk bahasan hukum dan perspektif Islam sebaiknya gunakan rujukan yang sesuai dengan ajaran Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam. Tulisan kita tentu akan dipertanggungjawabkan kepada Allah.

10. Karena menulis untuk media online, kamu harus memahami dan mau menerapkan kaidah SEO dalam penulisan artikel. Artikel yang bagus untuk dipublikasikan melalui internet adalah yang mudah ditemukan oleh mesin pencari. Artikel SEO efektif untuk mendatangkan traffic ke website atau pun meningkatkan brand awareness media tersebut. Pelajari dasar-dasarnya dan terapkan dalam artikelmu.

11. Bangun portofolio kepenulisanmu. Beberapa website mensyaratkan memasukkan profil dan portofolio karya. Ini tentu akan berguna untuk masa depan pekerjaan freelance sebagai penulis.

Nah, itu beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan menulis artikel Islam untuk media online. Dan berikut ini beberaoa website menulis artikel dibayar untuk konten Islami.

Website Menulis Artikel Dibayar Untuk Konten Islami

Detik.com

Siapa yang tidak kenal detik.com? Situs berita online di bawah Transmedia milik CTCorp ini sangat populer dan merupakan salah satu media besar di Indonesia. Berapa banyak hasil ketikan kita di kolom google berlabuh ke page detik.

Kredibilitas dan jangkauan pembacanya yang luas menjadikan detik.com sebagai media yang diincar para freelancer untuk publishitas karyanya.

Untuk kategori bacaan Islam, detik membuat kategori berupa detik hikmah. Detik Hikmah menyajikan inspirasi kehidupan dan hikmah Islam sehari-hari. Jadi, buat kamu yang ingin mengirimkan karya tulis Islam, akan masuk ke kategori ini.

Artikel dapat dikirim melalui email ke alamat redaksi@detik.com. Proses peninjauan artikel umumnya berlangsung selama beberapa hari atau minggu, tergantung banyaknya artikel yang masuk.

Redaksi Detik.com akan mengirimkan email pemberitahuan kepada penulis jika artikel diterima atau ditolak. Jadi lebih tenang ya kalau ada kepastian begini.

Republika

ROL atau Republika Online juga merupakan media nasional yang cukup dikenal. Untuk menulis di Republika, ketentuan penulisan artikel batas panjangnya maksimal 800 kata. Penyajian informasi yang ringkas dan padat merupakan hal yang penting dan menjadi syarat bagi kontributor.

Untuk artikel Islam, akan masuk ke dalam kategori sosial dan budaya. Jadi, jika berminat menulis untuk Republika, kirimkan artikelmu melalui email ke redaksi@republika.co.id

Duniasantri.co

Website Islam untuk freelance

Jika ada Teman Fillaah yang saat ini sedang menempuh pendidikan di pesantren, pernah menjadi santri, atau mungkin sebagai pengajar dan pengelola pesantren, website duniasantri.co bisa menjadi pilihan untuk mengirimkan karya tulis.

Website ini menerima kontribusi tulisan yang sesuai dengan karakteristik duniasantri. Tulisan bisa menyesuaikan dengan rubrik yang ada di duniasantri.

Tulisan dapat berbentuk berita (straight news), features, opini, puisi, cerpen, sosok, prestasi santri, profil pondok, atau lainnya sesuai dengan rubrikasi yang tersedia di duniasantri.co. Kamu juga bisa mengirimkan foto-foto atau video hasil dari rekaman peristiwa/kegiatan di pesantren-pesantren dari berbagai pelosok Nusantara.

Tiap tulisan atau karya yang dimuat akan memperoleh honorarium sebesar Rp 50.000 dan hanya bisa dimintakan klaim pembayaran tiap lima kali pemuatan (kelipatan lima pemuatan karya).

Batas pemuatan tiap tulisan yang dikirim paling lama dua bulan. Jika pengirim tulisan merasa sudah menunggu terlalu lama namun tulisannya belum rilis, pengirim bisa mengirimkan karyanya ke media lain dengan terlebih dahulu mencabut atau men-delete tulisan yang sudah di-submit di duniasantri.co.

Saat ingin memasukkan karya di duniasantri, kamu sebaiknya membaca ketentuan penulisan dengan teliti. Redaksi duniasantri memberikan penjabaran yang panjang dan mendalam tentang ketentuan karya yang dikirimkan oleh kontributor, yaitu hal yang sebaiknya disertakan dalam tulisan dan yang harus dihindari.

Untuk lebih detailnya bisa langsung mengunjungi halaman ketentuan penulisan oleh kontributor duniasntri

Bincangmuslimah.com

Website Islam yang menerima kontributor

Website bincangmuslimah memberi kesempatan bagi kontributor untuk mengirimkan tulisan ke redaksinya. Ini kesempatan bagi kamu muslimah yang suka menulis tema khusus muslimah.

Topik tulisannya bisa menyesuaikan dengan rubrik yang ada seperti Ibadah, Kajian, Muslimah Daily, Diary, Keluarga, Muslimah Talk, dan Video.

Bincangmuslimah berbaik hati memberikan kabar apabila naskah ditolak. Selang 1 pekan dari pengiriman naskah akan ada pemberitahuan itu. Jika dalam 1 pekan tidak ada pemberitahuan, maka bisa disimpulkan naskah ditolak. Jangka waktu yang tidak terlalu panjang untuk masa penantian, kan?

Kirimkan tulisan ke Bincangmuslimah melalui email berikut: Bincangmuslimah.com@gmail.com

Format penulisan harus mengikuti ketentuan redaksi yang diberi sebutan selingkung redaksi. Lebih lengkapnya silahkan klik selingkung redaksi bincangmuslimah. 

Islami.co

Website apa yang menerima tulisan

Islami.co adalah website Islam yang juga menerima kiriman naskah dari penulis lepas.

Tema tulisan haruslah sesuai dengan tema yang diusung Islami.co, yakni seputar Keislaman dengan fokus tema seputar Islam ramah dan Islam toleran yang disesuaikan dengan rubrik-rubrik terkait: ibadah, hukum, hikmah, kolom, dan feature.

Tulisan juga bisa berupa tips dan trik yang perlu diketahui seorang muslim atau catatan perjalanan ke suatu tempat (negara).

Jumlah karakter artikel antara 700 hingga 1000 kata. Tulisan keislaman harus mencantumkan sumber yang jelas di dalam tulisan, berupa nama kitab, penulis dan cetakannya.

Ketentuan lengkap mengenai cara mengirim artikel ke islami.co silahkan klik tautan cara menjadi kontributor di islami.co.

Islami.co tidak menyebutkan secara spesifik berapa jumlah honor untuk penulis. Adapun pengiriman honor dalam waktu 2-3 minggu setelah artikel terbit.

Untuk mengirimkan artikel ke islam.co bisa langsung melalui email ke redaksi@islami.co

Iqra.id

Iqra.id menerima tulisan-tulisan berkualitas seputar keislaman. Naskah yang diterima mulai dari sastra, reportase, resensi, dan sebagainya.

Nominal honornya tidak dijelaskan secara spesifik. Kamu bisa langsung mengirimkan karyamu ke redaksi@iqra.id.

Website yang disebutkan di atas hanya beberapa saja dari sekian banyak media online yang menerima kiriman naskah artikel islami untuk diterbitkan. Masih banyak website lain yang bisa kamu cari. 

Saatnya Berkarya

Nah Teman-teman, demikian beberapa rekomendasi website menulis artikel dibayar untuk konten Islami. Jadi makin semangat kan untuk menulis artikel Islam? Kalau kamu, mana website yang menurutmu paling cocok untuk dicoba kirimi artikelmu? Selamat berkarya ya, semoga kamu bisa segera menemukan jalan dalam memilih platform menulis yang paling sesuai buatmu. Dan semoga tulisanmu memberikan banyak manfaat bagi pembaca dan mendapatkan penghasilan darinya.

2 comments

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!
  1. Wah, terima kasih atas infonya dan penjelasannya, Mbak. Banyak kesempatan untuk bisa jadi kontributor artikel islami ternyata. Jadi pengen nyoba bincangmuslimah nih 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya...nanti boleh sharing ya mbak kalo sudah berhasil jadi kontributor. Pasti asik😃

      Delete