Ganti Judul dan ALt sendiri

Pondok Pesantren Putri di Malang dan Batu, Modern Full Fasilitas

Pondok di malang

Kota Malang termasuk salah satu pilihan untuk menempuh pendidikan. Bukan pendidikan tinggi saja, banyak orang mencari pesantren di Malang untuk memondokkan putra-putrinya. Jika Anda sedang membutuhkan informasi tentang pondok pesantren putri di Malang dan Batu, artikel ini mungkin akan membantu.

Mengapa Mondok di Malang

Mengapa memilih Malang sebagai kota untuk menuntut ilmu? Selain mungkin karena lokasi dekat bagi yang tinggal di Jawa Timur, inilah beberapa alasan mengapa memilih Malang dan Batu untuk pendidikannya:

1. Udara sejuk dan nyaman, tingkat polusi rendah
2. Biaya hidup relatif murah
3. Fasilitas umum dan infrastruktur sudah modern
4. Transportasi mudah
5. Banyak pilihan pondok modern di sana
6. Dekat tempat wisata untuk berlibur saat libur pondok

Apabila Anda dan putri Anda telah yakin ingin menempuh pendidikan pesantren di kedua kota ini, saatnya mencari informasi tentang pesantren putri di Malang dan Batu yang mungkin sesuai dengan kriteria.

Pondok Pesantren Putri di Malang dan Batu

Banyak orang tua masih khawatir dan tidak tega saat akan memondokkan putrinya. Di satu sisi ingin putrinya mendapatkan pendidikan Islam intensif di pondok dan terjaga dari buruknya pengaruh pergaulan di luar. Tapi di sisi lain takut anaknya tidak nyaman karena fasilitas dan kehidupan pondok yang berbeda dari rumah.

Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini telah banyak pesantren dengan fasilitas dan sistem yang modern dan profesional. Pesantren saat ini tidak hanya menawarkan sistem pendidikan Islam tapi juga manajemen yang baik dalam pengelolaan sarana prasarana dan memfasilitasi perkembangan keahlian santri dalam berbagai bidang.

Pesantren hari ini tidak selalu memakai nama pondok atau pesantren. Nama Ma’had dan Islamic Boarding School (IBS) menjadi nama yang populer sebagai nama pesantren modern.

Mari kita berkenalan dengan beberapa pondok pesantren, ma’had, dan IBS di kota Malang dan Batu.

Thursina IIBS

Pondok pesantren Thursina

Thursina dulunya bernama Tazkia Internasional Islamic Boarding School. Pesantren yang saat awal berdiri mempunyai slogan “Pesantren Elit Peduli Wong Alit” ini berganti nama menjadi Thursina IIBS pada tahun 2021.

Thursina IIBS Malang berlokasi di Dusun Klandungan, Landungsari, Kec. Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pesantren dengan color brand kuning dan biru ini megah berdiri di dataran tinggi pegunungan yang dikelilingi persawahan. Estetik, modern, dan asri, begitu kesan saat pertama melihatnya.

Kurikulum Thursina IIBS adalah kurikulum Al Qur’an, Al Azhar Islamic Foundation, Nasional, dan Cambridge. Pengajar dan siswa Thursina berasal dari dalam dan luar negeri.

Thursina IIBS resmi menjadi pesantren pertama di Jawa Timur yang menyandang status keanggotaan SPK (Satuan Pendidikan Kerjasama). Status SPK ini yang akan mempermudah Thursina untuk bekerja sama dengan lembaga dari luar negeri dalam bidang pendidikan.

Thursina juga dikenal sebagai pesantren yang mengukir banyak prestasi di dalam dan luar negeri. Lulusannya juga banyak diterima di perguruan tinggi di Indonesia dan manca negara.

Thursina IIBS yang mengusung slogan Holistic & Balanced Education ini mermiliki visi menjadi lembaga pendidikan berbasis pesantren yang unggul dan berstandar international. Thursina IIBS memiliki dua jenjang pendidikan yaitu SMP dan SMA.

Saat ini Thursina IIBS memiliki dua kampus utama, yaitu kampus putra dan putri. Santriwati menempati Kampus 1 dengan lahan seluas sekitar 13.000 M2.

Untuk kampus putri, Thursina menyediakan empat gedung utama sebagai asrama: Gedung Al-Azhar, Harvard, Cambridge dan Sevilla.

Gedung asrama ini dilengkapi dengan fasilitas akomodasi yang yang lengkap dan memadai: tempat tidur, lemari pakaian, kamar mandi, lobby dan laundry. Untuk memberikan kenyamanan, setiap ruang asrama dihuni maksimal 8-10 santri dengan didampingi seorang murabbi atau murabbiyah.

Fasilitas penunjang pembelajaran juga tersedia di sini. Ada smart library yang bisa mengakses bacaan berupa buku dan multimedia. Ada Qur’anic Garden di rooftop yang merupakan taman belajar dan mengamati berbagai jenis tanaman bunga dan kolam ikan dengan diiringi lantunan murattal al-qur’an.

Thursina juga menyediakan arana olahraga, pusat belanja dan pusat kesehatan yang memadai.

Informasi mengenai profil, kegiatan, dan pendaftaran bisa melalui website resmi Thursina IIBS.

Al-Maahira IIBS

Pesantren Putri di Malang dan Batu

Al-Maahira IIBS Malang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Tazkiyatun Nafsi.
Al-Maahira IIBS Malang membawa konsep pendidikan yang ramah santri (friendly learning) dan berbasis fitrah santri dengan pendekatan ala Rasulullah SAW.

Lokasi Al-Maahira berada di Jalan Raya Karanglo, Karangploso Wetan, Kepuharjo, Kec. Karang Ploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153. Tempatnya dekat dengan akses jalan tol sehingga mudah dijangkau.

Al-Maahira memiliki visi terwujudnya prestasi yang unggul, budaya ramah lingkungan, fokus pada Islamic Value, Excelent Academic, And Friendly Based Education berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Sedangkan misi yang diemban Al-Maahira adalah menanamkan aqidah, akhlak dan muamalah peserta didik berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah sekaligus mempersiapkannya menjadi penghafal Al-Qur’an dan life skill sesuai bakat minatnya.

Al Maahira IIBS Malang memiliki beberapa program layanan Pendidikan diantaranya yaitu: jenjang Pendidikan SMP dan SMA, Da’i Preneur, Ma’had Aly Al Maahira dan Al Maahira Language Center. 

Untuk biaya pendidikan di Maahira IIBS, yang perlu dipersiapkan adalah untuk biaya pendaftaran sekitar Rp 750.000, biaya masuk sekitar Rp 40 juta, dan biaya per bulan sekitar Rp 3 juta.

Informasi lebih lanjut tentang pesantren Al-Maahira, bisa melalui website resmi Al-Maahira.

Ma’had Al-Firqoh An-Najiyah

Pesantren Tahfizhul Qur’an Al-Firqoh An-Najiyah salah satu Sekolah Islam Boarding School yang memiliki program pendidikan Tahfidz Al Qur’an 30 Juz untuk jenjang KULIYYATUL MU’ALLIMIN TAHFIZHUL QUR’AN (KUMTIQ) pendidikan setara SMA/Aliyah, dan MA’HAD ‘ALY TAHFIZHUL QUR’AN (MALTIQ) pendidikan setara Diploma 2.

Program Tahfidz Al Qur’an 30 Juz ini bertujuan untuk mencetak kader ulama muda dan juga generasi qur’ani dengan mengajarkan ilmu syar’i yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah, dengan pemahaman yang benar yaitu pemahaman para salafus sholih.

Program Tahfidz Al- Qur’an 30 juz diselesaikan dalam waktu 2 – 3 tahun dengan asumsi 10 juz pertahun (tergantung kepada kemampuan santri) dimana sambil menghafal Al-Qur’an dengan tajwid dan tartil, setiap santri juga mempelajari ilmu aqidah dasar, fiqh harian, sirah (sejarah), adab dan sunnah, hadits, nahwu, shorof, tafsir dan terjemah Qur’an. Bahasa Arab dipelajari setiap hari untuk menyiapkan santri hafiz yang lancar berbahasa Arab. Untuk menjaga kualitas output dari program Tahfidz Al- Qur’an 30 juz ini, setiap kelas hanya dibatasi hanya 10 orang santri.

Al Hikmah Boarding School Batu

Pondok Pesantren Al Hikmah Batu merupakan sekolah berasrama di bawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Al Hikmah (YLPIH) yang berkantor pusat Surabaya.

Al Hikmah Boarding School Batu berdiri megah di Kawasan Jalan Raya Giripurno 145, Dusun Sabrangbendo, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu dengan lahan seluas 19 hektar.

Pendidikan di pesantren ini sudah menjadi sekolah penggerak dan menjadi sekolah percontohan bagi sekolah lain dalam mengembangkan bahan ajar untuk siswa.

Selaian kurikulum yang baik Al Hikmah Boarding School Batu juga mengembangkan Pendidikan islami yang berkelanjutan, sehingga para santri dapat mendapat bekal ilmu agama yang cukup dan akhlakul karimah yang kelak bermanfaat saat terjun ke masyarakat.

Pondok pesantren Al Hikmah Batu memiliki dua jenjang pendidikan SMP dan SMA baik santri putra maupun putri.

Ma’had Al Izzah, Batu

Ma’had Al Izzah berlokasi di Jl. Indragiri, Gg. Pangkur, Sumberejo, Kec. Batu, Kota Batu ini memiliki 2 ma’had yaitu ma’had putri yang biasa di sebut dengan Al Izzah IIBS (International Islamic Boarding School) dan Ma’had putra yang biasa di sebut Al Izzah Leadership School.

Bangunan di pesantren Al Izzah berdiri kokoh dan mewah di dataran tinggi yang sejuk. Selain itu pesantren Al Izzah juga dekat dengan wisata paralayang. Sehingga ketika ada orang yang terbang dengan paralayang dapat terlihat jelas dari lokasi.

Dalam pendidikanya pesantren Al Izzah memiliki 3 kurikulim yaitu, kurikulum nasional, kurikulum Dirosah Islamiyah dan Kurikulum Internasional Cambridge.

AR-Rohmah Islamic Boarding School

Bergeser ke Malang kabupaten tepatnya, berada di kecamatan Dau ada pesantren yang sangat mewah yaitu Pondok Pesantren AR-Rohmah. Pondok pesantren ini memiliki 2 jenjang Pendidikan yaitu SMP dan SMA.

Adapun untuk pondok pesantren AR-Rohmah kampus memiliki beberapa kampus, Kampus 1 SMP-SMA Ar-Rohmah Putri IBS berlokasi di Jl. Raya Jambu No. 1 Sumbersekar, Dau-Malang. Kampus 2 SMP-SMA Ar-Rohmah Putri IIBS berlokasi di Jl. Raya Sempu No. 1 Sumbersekar, Dau-Malang

Pesantren Ar Rahmah memiliki visi misi yaitu Visi: Mewujudkan sekolah yang unggul dan kompetitif, sehingga melahirkan generasi yang siap memikul amanah Allah sebagai hamba dan khalifah-Nya dan

Misi: Menyelenggarakan pendidikan secara integral yang memadukan aspek tarbiyah, ruhiyah, aqliyah dan jismiyah sehingga terbentuk anak muslim yang Taqwa, Cerdas dan Mandiri

Selamat Memilih Pesantren Impian

Demikian beberapa rekomendasi pondok pesantren putri di Malang dan Batu. Silahkan mencermati dan menggali informasi lebih dalam. Akan lebih baik apabila sebelum menetapkan pilihan, sebaiknya melakukan kunjungan langsung (survey) dan jangan lupa istikharah meminta petunjuk Allah Subhanahu wata’ala ta’ala. Semoga menemukan pesantren terbaik untuk putri tercinta.



Post a Comment

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!