Ganti Judul dan ALt sendiri

Peluang Karir Digital Marketing Bagi Blogger

Blogger profesional

Transformasi yang pesat dalam waktu cepat selalu menjadi hal yang mengesankan. Dulunya seorang blogger, ujug-ujug switch ke karir digital marketing di perusahaan besar, plus mengajar digmar pula. Siapa yang tidak kepo? Apa yang dilakukannya?

BRT Network, komunitas blogger yang saya ikuti, memang selalu punya hal menarik untuk dibahas dan dipelajari. Setelah pekan sebelumnya menggelar webinar SEO Checklist For Blogger, kali ini BRT mengadakan webinar lagi dengan tema yang tidak kalah menarik.

Opportunity for Blogger in Digital World”, begitulah tema webinar kali ini. BRT menghadirkan narasumber kak Putri SB yang dulunya member BRT juga.

Apa yang menarik dari webinar kali ini? Sejak pertama kak Monica Anggen sounding di WAG tentang kak Putri yang dulunya blogger dan sekarang expert di full stack digital marketing, seantero grup langsung antusias menyambutnya. Bagaimana ceritanya kak Putri bisa sampai di titik itu? Semuanya dibeberkan dalam sesi google classroom pada Sabtu malam, 27 Juli 2024.

Saya yang mempunyai agenda silaturahim keluar kota, awalnya harus mau mengikhlaskan untuk absen di acara itu. Tapi rasanya sayang banget. Jadinya, dengan nekat saya tetap daftar. Dan kemudian, saya menyimak sesi webinar seru itu di jalanan kelokan pegunungan yang susah sinyal. Meski beberapa kali terlempar dari classroom, saya sempat mencatat beberapa hal penting dari cerita pengalaman kak Putri.

Switch Career Journey

Perjalanan karir kak Putri di dunia digital marketing bukan sekedar profesional journey. Ini adalah sebuah kisah hidup, pilihan dan perjuangan.

Latar belakang pendidikan kak Putri di bidang kesehatan. Kak Putri juga seorang blogger. Dari dunia blog itulah, kak Putri berkenalan lebih jauh dengan dunia digital. Dari situ mulai membuka diri dengan berbagai opportunity.

Awalnya kak Putri ngeblog masih asal-asalan, tidak begitu mengenal SEO. Seorang sahabat dekat yang juga blogger mengingatkannya. Apa guna bisa menulis bagus tapi tidak ada yang membaca?

Dari situ kak Putri mulai mau serius belajar SEO. Setelah kenal dan lebih memahami SEO, keinginannya untuk mendalami digital marketing semakin tinggi. Profesi SEO content writing dijalaninya.

Kak Putri semakin ingin fokus dan belajar lebih jauh. Dia mempelajari ilmu web development hingga bisa menjadi web development dan SEO Splecialist.

Switch Career digital marketing

Dalam proses belajar dan bekerja itu, akhirnya kak Putri bisa menguasai ilmu digital marketing yang luas itu. Dan sekarang kak Putri aktif menjadi pengajar materi digital marketing.

Lompatan karirnya bisa jadi pelajaran bagi kami yg saat ini berprofesi sebagai blogger, bahwa ada peluang begitu banyak untuk berkarir di dunia digital.
Opportunity is like sunshine, it’s available to everyone. But what you do with it Is up to you” (Putri SB)
Di webinar tersebut, kak Putri berbagi insight penting dalam perjalanan karirnya, yaitu tentang growth mindset, skill yang harus dikembangkan, dan habbit yang secara konsisten harus dijalani.

Jika kamu seorang blogger yang ingin mengembangkan karir di dunia digital, atau sebenarnya dari bidang apa pun, apa yang kak Putri sampaikan akan sangat berguna.
Unlock your potential: transform your blogging passion become a professional digital career”

4 Aspek Penting Pendukung Pengembangan Karir

Dalam perjalanan karirnya, ada 4 hal penting yang berperan dalam pengembangan karir kak Putri, yaitu:

1. Portofolio

Miliki portofolio digital yang beragam dan bisa ditampilkan. Blog dan akun sosial media juga bisa sebagai portofolio. Riwayat pendidikan dan kursus untuk peningkatan skill perlu juga disertakan sebagai portofolio. 

2.Komunikasi

Sebagai seorang profesional, sangat penting untuk menjalin komunikasi dengan relasi. Bukalah diri untuk aktif berkomunikasi dalam batas wajar. Memang benar ya, cara komunikasi bisa mewakili penilaian terhadap pribadi kita.

2. Valuable Skill

Miliki skill yang menunjang. Ambil kursus yang relevan. Ikuti kelas berbayar dan yakinkan diri akan bisa mendapatkan ganti berlipat dari ilmu yang didapatkan dari kursus tersebut.

4. Education

Pendidikan dan ijazah tentu juga menunjang karir. Sebisa mungkin miliki riwayat pendidikan sesuai dengan karir yang akan ditekuni. Namun, apabila riwayat pendidikan tidak linear dengan karir yang akan ditempuh, tidak perlu berkecil hati. Lengkapi dengan skill yang valuable seperti pada pembahasan di atas.

6 Live-Elevating Skill

Kak Putri memberikan contoh skill untuk peningkatan hidup. Ini kak Putri terapkan dalam Journeynya, dan bisa dipraktekkan juga dalam kehidupan siapa pun yang ingin meningkatkan nilai dan kualitas hidupnya.

Fast Learner

Menjadi pembelajar yang cepat adalah hal penting. Ketika sudah mantap ingin menempuh suatu bidang, harus punya keinginan dan kemampuan untuk mempelajarinya dengan cepat dan selalu update dengan perkembangan terbaru.

Never Give Up

Kak Putri ini bener-bener berjiwa pantang menyerah. Jika sudah masuk dalam satu bidang, dia tekuni, pahami, dan fokus mempelajarinya, mengejarnya, dan memperjuangkannya hingga berhasil.

Networking

Bagi kak Putri, networking itu lebih penting dari knowledge dan skill. Justru dari networking itulah kita akan bisa ketularan ilmu dan skill baru. Networking bisa berarti gabung di suatu komunitas seperti BRT Network ini. 

Memang benar ya, sejak gabung dengan BRT, saya dan teman-teman blogger lain yang awalnya nggak tau mau belajar apa dan harus bisa apa, jadi sedikit demi sedikit tercerahkan dari hasil “nongkrong online” via WAG.

 Networking melalui komunitas adalah penyemangat. Sambil networking melalui komunitas, sambil belajar, praktekkan skill, dan sharing skill juga. Manfaatkan segala hal yang ada, jangan sia-siakan.

Networking itu bukan sekedar kenal dan mau belajar. Tapi simbiosis mutualisme. Apa yg bisa kita berikan, maka berikan. Maksimalkan circle yg ada.
Networking dengan siapapun jangan pernah melupakan kebaikan orang lain. Jangan merusak networking itu.
Meski skill bagus, tapi dalam networking pernah menjatuhkan atau merugikan orang lain, maka kita akan terlihat tidak berharga.

Management Skill

Mengatur hidup berarti mengatur segala rupa urusan di dalamnya. Termasuk tentu saja mengatur waktu, tempat, bahkan emosi.

Sebagai ibu, kak Putri gunakan waktu sebaik mungkin untuk belajar dan bekerja. Saat masih sebagai freelancer dan aktif belajar digital marketing, waktu membersamai anak juga dimanfaatkan untuk belajar yang lebih ringan, misal membaca referensi atau belajar dari website/blog orang. Untuk hal yang sifatnya teknis, akan dilakukan saat anak sudah tidur.

Kemampuan manajemen ini sangat menentukan keberhasilan. Tiap orang punya banyak keterbatasan tapi juga memiliki kelebihan. Manajemen berfungsi mengatur agar bisa memaksimalkan kelebihan dan mengelola hal yang terbatas itu, seperti waktu.

Self control

Bagi kak Putri, self control termasuk hal yang sulit. Kemampuan menahan diri dari hal-hal yang akan mengganggu atau mengalihkan dari fokus dan tujuan harus dikuatkan.

Adaptability

Beralih karir ke digital marketing harus selalu adaptif. Menyesuaikan diri dengan perubahan ritme kerja misalnya. Kadang kak Putri harus belajar atau bekerja hingga tengah malam bahkan hingga pagi, itu harus bisa beradaptasi. Kalau mudah mengeluh, ya akan susah bertahan.

Bagaimana cara mengatasi kebosanan saat bekerja, apakah kak Putri pernah mengalaminya? Capek, bosan, dan bahkan hingga burn out adalah bagian dari apa pun, termasuk bekerja. 

Kak Putri mensiasatinya dengan mengambil jeda untuk beberapa waktu, misal weekend khusus mengagendakan untuk me time, healing, wisata dan relaksasi. Jadi, saat waktunya harus kembali bekerja, sudah lebih fresh dan bersemangat lagi.

Kak Putri punya syair penyemangat saat penat. Barangkali kamu juga tahu lirik berikut ini:
"Oh, bukankah hidup ada perhentianTak harus kencang terus berlariKuhelakan napas panjang'Tuk siap berlari kembaliMelangkahkan kaki menuju cahaya"  (Padi-Sang Penghibur)

Rasa lelah itu normal ya teman, it's a part of life, part of work, part of day. Jangan selalu mencari alasan, carilah cara untuk selalu lebih kuat. 

Selalu Optimalkan Dirimu

Jika sudah merasa berada di the right path, saatnya untuk selalu mengoptimalkan diri setiap saat.

Setting Goals

Milikilah goals. Tulis dan visualisasikan agar lebih nyata

Learn More

Jangan berhenti untuk belajar. Ilmu digital marketing itu luas dan cepat berubah mengikuti perkembangan jaman. Belajar lebih banyak lagi, jangan mudah puas.

Do the Best

Selalu lakukan yang terbaik. Apabila kita lakukan hal baik secara maksimal, maka imbal baliknya akan terbaik juga. Ini merupakan hukum alam.

Objective Evaluation

Lakukan evaluasi secara obyektif terhadap apa yang telah dilakukan, program dan eksekusinya apakah sudah sesuai atau belum.

Core Habits to Growth The Career

Mindset dan goals yang ingin dicapai harus diiringi dengan habit yang mengiringi  aktivitas harian. Core habit yang kak Putri terapkan ini memiliki kekuatan mendorongnya untuk tetap berada pada jalurnya. Ini tentu bisa diterapkan dalam pertumbuhan apa saja.

Focus

Saat tekun mempelajari digital marketing, kak Putri berusaha fokus dan tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal yang akan mengurangi fokusnya. Sebagai contoh, untuk urusan cek sosial media dan WhatsApp, kak Putri akan mengabaikannya jika sedang fokus pada suatu hal.

Dicipline

Disiplin itu membentuk seseorang. Tidak saja pada karakternya tapi juga pada pekerjaannya. Untuk bisa berhasil, wajib menerapkan disiplin. Disiplin juga akan membuat pekerjaan lebih terarah dan meminimalisir rasa penyesalan.

Push Self Limit

Setiap orang memiliki batas kemampuan dalam melakukan suatu pekerjaan. Hanya kita yang tau batas kita masing-masing. Sebenarnya kemampuan tiap orang itu tinggi, namun kadang akibat kurang yakin dan terlalu banyak mengeluh, maka kemampuannya tidak bisa dimaksimalkan. Biasanya saat kepepet, justru seseorang bisa memaksimalkan potensinya dan mendobrak batas kemampuannya.

Stop Making Excuse

Kak Putri menekankan bagian ini. Sejak jalannya sudah terbuka, totalitas adalah jalan ninjanya. Tidak membuat alasan untuk segala hal yang membuatnya bisa semakin maju.
Tips sukses

Shortcut to Growth The Career Path

Webinar kali ini memang sarat dengan materi pengembangan diri dan karir. Selanjutnya, untuk bisa tetap bertahan, tumbuh berkembang, dan melaju di jalur karir yang sudah diyakini, kak Putri memberikan insight sebagai berikut:
1. Clear Goals
Miliki tujuan yang jelas. Agar goals kita jelas, tulislah, visualisasikan. Pesan kak Putri:

"Jangan pernah sharing visualisasi goalsmu ke orang lain. Wujudkan sendiri hingga berhasil"

2. Think And Do Like I Want
Berpikir dan bertindak seperti yang diinginkan sesuai jalurnya
3. Mind Mapping 
Buatlah peta pikiran untuk memudahkan mewujudkan satu persatu goals. Kak Putri menerapkan mind mapping saat belajar digital marketing. Materi apa saja yang ingin dipelajari, dibrakdown dan ditetapkan target kapan belajarnya.
4. Positive Affirmation
Miliki list afirmasi positif untuk menguatkan pikiran, jiwa, membangkitkan semangat, dan menggerakkan diri.

Berminat Switch Career Juga?

Dari cerita journey kak Putri ini kita bisa mengambil pelajaran berharga bahwa setiap keberhasilan itu membutuhkan perencanaan, eksekusi dan implementasi, juga evaluasi. Ini menjadi siklus tak terputus dan harus dilakukan dengan konsisten.

Menjadi blogger tak lagi asal menulis untuk blogpost atau menunggu job datang saja. Kita bisa improve agar bisa menjadi blogger yang lebih baik. Kuasai skill, perkuat networking, jangan jadikan latar belakang pendidikan dan usia menjadi penghalang. Atau apabila ingin beralih ke karir digital marketing secara lebih luas lebih dalam seperti kak Putri, hal itu bisa dimulai dengan mempraktikkan apa yang telah kita pelajari di webinar ini.

1 comment

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!
  1. Membaca artikel ini memunculkan pertanyaan besar di benakku. Mau kemana diriku? Hiks...hiks...

    ReplyDelete