Ganti Judul dan ALt sendiri

Doa Mendapatkan Istri Cantik dan Shalihah, Jodoh Terbaik Dunia Akhirat

Doa Mendapatkan Jodoh

Hai, Teman Fillaah! Apakah kamu sedang menanti datangnya seorang belahan jiwa yang akan mengisi hidupmu? InsyaAllah tulisan ini akan menjadi salah satu ikhtiar di masa penantian dan pencarian itu.

Orang-orang yang telah bertemu pasangan hidupnya di sekitar kita dan di mana pun, memiliki kisahnya masing-masing. Ada yang sangat indah bak kisah Putri dan Pangeran. Ada pula yang penuh lika-liku dan perjuangan.

Apa pun yang akan menjadi jalanmu nanti saat dipertemukan dengan pasanganmu, pastikan dalam setiap langkah perjuangannya selalu berusaha dalam koridor syariat ya, Teman Fillaah.

Mengapa demikian? Karena jodoh dan pernikahan itu adalah suatu yang suci dan bertujuan untuk beribadah menyempurnakan separuh agama. Jadi, jangan kotori dengan hal-hal maksiat dan bujuk rayu setan ya. Sungguh akan berat konsekuensinya nanti untuk masa depan pernikahanmu.

Oleh sebab itu, bagi seorang muslim sudah seharusnya membekali diri dengan ilmu dan persiapan yang matang dalam menjemput jodohnya.

Petunjuk Syariat Islam Dalam Menjemput Jodoh

Dalam menjemput jodoh, siapa yang akan menjadi jodoh kita, ada 2 kaidah yang berlaku. Pertama, soal jodoh telah ditentukan Allah Subhanahu wata’ala dan telah tertulis di Lauhul Mahfudz. Kedua, berlaku apa yang tertera dalam Qur’an surat An Nur ayat 26:

وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ.

dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)…” (QS. An-Nur: 26)

Kaidah bahwa wanita yang baik hanya untuk laki-laki yang baik juga ini sebaiknya benar-benar dipahami. Semua orang yang punya nilai yang tinggi, mereka memiliki standar, dan hanya mau yang terbaik juga.
"The best Will come for the best"  
Jadi, saat menginginkan memiliki istri yang cantik dan shalihah, ikhtiar yang sebaiknya dilakukan adalah berusaha menjadi seorang yang seimbang dalam hal keshalihan dan kecantikannya tersebut.

Memperbaiki diri dalam hal ketakwaan, keshalihan, dan memperhatikan penampilan diri bisa dilakukan sebagai salah satu ikhtiarnya.

Sedangkan amalan yang dapat dilakukan agar jodoh cepat datang, secara Islam tidak ada tuntunan khusus. Yang harus dilakukan adalah, memperbaiki hubungan dengan Allah, memperbaiki ibadah wajib, memperbanyak amalan sunnah (tahajjud, puasa Sunnah, dzikir, bersedekah, silaturrahim, menjaga wudhu, dll) , menjauhi dosa, dan berusaha ikhlas dengan ketentuan Allah. Hal ini sama juga apabila kita mempunyai hajat lain yang penting dalam hidup kita.
Penting juga bagi seorang yang sedang menanti jodoh untuk selalu bersabar, meyakini bahwa jodoh akan datang saat Allah telah mengizinkannya, selalu optimis, ikhlas, dan menjaga prasangka baik kepada Allah Subhanahu wata’ala.
Selain itu, sebaiknya memohon petunjuk Allah melalui shalat istikharah dan memperbanyak do’a mendapatkan istri shalihah seperti yang diinginkan.

Apakah Ada Contoh Do’a Mendapatkan Istri Cantik dan Shalihah dari Rasulullah?

Apa benar ada do’a khusus yang diajarkan oleh Rasulullah untuk mendapatkan istri cantik dan shalihah? Rasulullah tidak pernah memberikan contoh do’a dengan lafadz/bacaan khusus untuk mendapatkan seorang istri yang cantik dan shalihah.

Apabila menemui do’a semacam itu, silahkan cek dulu sumber do’anya, apakah ada riwayatnya. Jika lafadz do’a berbahasa Arab, sebaiknya cari juga apa artinya.

Apabila artinya baik dan sesuai dengan list permohonan yang kamu minta dalam do’a, silahkan berdo’a dengan lafadz tersebut. Hanya saja, jangan menganggap bahwa do’a tersebut sebagai tuntunan dalam syari’at yang disampaikan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam.
Kita boleh kok berdo’a dalam bahasa apa pun. Berdo’a minta apa saja yang baik-baik untuk kehidupan dunia maupun akhirat.
Selanjutnya, akan lebih baik apabila kamu mencari panduan bagaimana sebaiknya berdo’a untuk menjemput jodoh yang dicontohkan dan disyariatkan dalam Islam.

Begini Caranya Berdo’a Untuk Mendapatkan Jodoh

Dalam berdo’a untuk mendapatkan jodoh, sebenarnya sama saja dengan berdo’a memohon hajat lain. Setiap orang bisa menggunakan bahasanya sendiri, dengan pilihan kata yang disusun sesuai hajat yang diinginkannya, dengan rangkaian kata seindah mungkin, karena langsung memanjatkan permohonan kepada Allah.

Dalam Al-Qur’an surat Al-Furqon ayat 74, disebutkan salah satu do’a yang bisa dipanjatkan oleh seorang mukmin ketika ingin mendapatkan jodoh.
Doa Mendapatkan Istri shalihah


Salah satu contoh do’a saat mengharapkan datangnya jodoh adalah seperti yang pernah dilakukan oleh Nabi Zakaria. Do’a ini seperti tertera dalam Qur’an surat Al-Anbiya’ ayat 89.
Doa jodoh nabi Zakaria

Contoh do’a terkait jodoh yang ada dalam Al Qur’an seperti disebutkan di atas, bersifat umum. Tidak spesifik menyebutkan kriteria jodoh idamannya, seperti cantik dan shalihah. Do’a seperti ini mengandung keyakinan bahwa Allah lebih Tahu jodoh seperti apa yang paling sesuai.

Menemukan pasangan hidup merupakan hal yang membahagiakan dan mengharapkannya akan menjadi jalan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Untuk itu, sebaiknya juga memperbanyak doa jawami’ ad–dua (doa yang kalimatnya padat namun luas maknanya). Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ الْجَوَامِعَ مِنَ الدُّعَاءِ، وَيَدَعُ مَا سِوَى ذَلِكَ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukai jawami’ ad-dua (doa yang kalimatnya padat namun luas maknanya). Dan beliau tinggalkan yang lainnya. (HR. Ahmad, Abu Daud, dan dishahihkan al-Albani).

Di antaranya adalah doa sapu jagad. Do’a sederhana yang setiap muslim menghafalnya. Sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu mengatakan,

كَانَ أَكْثَرُ دَعْوَةٍ يَدْعُو بِهَا رَسُولُ صَلَّى عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Doa yang paling sering dipanjatkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: ALLAHUMMA RABBANAA AATINAA FID-DUNYAA HASANAH WA FIL AAKHIRATI HASANAH WA QINAA ADZAABAN NAAR” (HR. Bukhari dan Muslim).

Do’a ini bermakna luas dan salah satunya mencakup kebahagiaan dalam bertemu pasangan hidup dan membangun keluarga.

Siapkan Diri Untuk Jodoh Terbaikmu

Nah Teman Fillaah, apakah uraian di atas membuatmu merasa lebih bersemangat dalam menjemput jodohmu? Selalu optimis ya dalam menjemput jodoh terbaikmu. Insya Allah selama terus berusaha memperbaiki diri dan selalu berhusnudzon kepada Allah, Allah akan datangkan padamu jodohmu, jodoh dunia akhirat yang diridhoiNya. Selamat merangkai do’a mendapatkan istri cantik dan shalihah dengan versimu sendiri ya.

Referensi:

https://konsultasisyariah.com/14851-doa-minta-cepat-mendapat-jodoh.html

https://muslim.or.id/59456-nasehat-bagi-yang-sulit-jodoh-bag-1.html

https://yatimmandiri.org/blog/inspirasi/doa-minta-jodoh/

Kajian Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri, rahimahullaahu  

‹ OlderNewest ✓

Post a Comment

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!