Ganti Judul dan ALt sendiri

Inilah 3 Pondok Tahfidz Terbaik di Jawa Timur


Keinginan orang tua memilihkan pendidikan anak di pesantren tahfidz kini makin meningkat. Bagi Anda yang membutuhkan informasi pesantren tahfidz khususnya di wilayah Jawa Timur, ulasan tentang pondok tahfidz terbaik di Jawa Timur ini mungkin berguna bagi Anda.

Ketika akan memondokkan atau memasukkan anak ke pesantren, selain informasi terkait dengan calon pesantren yang dituju, sebaiknya orang tua juga memperhatikan keinginan dan kebutuhan anak.

Karena itu, bermusyawarah untuk menentukan kriteria bersama antar orang tua dan anak hendaklah menjadi hal yang dipertimbangkan sejak awal.

Kriteria Pondok Tahfidz Yang Diharapkan

Memilih pondok pesantren untuk anak, bukan saja karena popularitasnya. Status dan pencapaian suatu lembaga pendidikan memang menjadi satu pertimbangan. Namun, ada kriteria lain yang sebaiknya menjadi pertimbangan juga sebelum memutuskan pilihan.

Orang tua dapat menjadikan hal berikut ini sebelum memutuskan memilih pesantren untuk anak:

1. Aqidah/ manhajnya apakah sesuai dengan Qur’an dan Sunnah. Pastikan lembaganya sudah terdaftar resmi di Kementerian Agama.

2. Keseimbangan pelajarannya antara pelajaran tahfidz, Diniyah, umum. Sesuaikan dengan kemampuan anak juga.

3. Apakah ada program sanad

4. Apakah ada pendidikan karakter dan kepemimpinannya.

5. Apakah ada sarana penyaluran minat dan bakat.

6. Bagaimana ustadz/ustadzahnya, akhlak dan cara mengajarnya

7. Bagaimana kualitas lulusannya, karakternya dan melanjutkan ke mana atau bisa bekerja di mana.

8. Bagaimana fasilitasnya, apakah mencukupi dan anak bisa beradaptasi dengannya.

9. Di mana lokasinya, jauh dekatnya dengan rumah. Dekat gunung, hutan, pantai, atau kota, yang mungkin mempengaruhi adaptasi anak terkait dengan kesehatan atau hal lainnya.

10. Bagaimana biayanya, sesuai budget keluarga kah? Dan bagaimana juga cara membayarnya, apakah ada kemudahan misal bisa melalui angsuran.

11. Rekomendasi dari orang yang dikenal atau tokoh publik yang dipercaya.

Hal di atas bisa menjadi acuan pertimbangan saat memilih pondok pesantren tahfidz terbaik. Mungkin akan sulit memenuhi semua kriteria yang diharapkan. Tetapkan beberapa kriteria utama, sedangkan hal lainnya bisa menyelesaikan.

Memilih Pondok Tahfidz Terbaik di Jawa Timur

Berikut ini beberapa pondok tahfidz terbaik di Jawa Timur yang kami rekomendasikan. Sebagai disclaimer, urutan pondok yang tertera berikut ini bukan sebagai urutan tingkat kualitasnya. Dan tidak semua pondok menggunakan tagline pesantren tahfidz, tapi memiliki program tahfidz sebagai salah satu unggulannya.

Al-Firqoh An-Najiyah Malang

Pondok tahfidz di Malang

Pondok pesantren Al Firqoh Annajiyah yang juga dikenal sebagai pesantren Ungu ini beralamat di Masjid Baitul Makmur (utara, PUSDIK ARHANUD, Jalan Raya Diponegoro, Karang Juwet, Bonowarih, Kec. Karang Ploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Al-Firqoh An- Najiyah Malang Merupakan Pondok Pesantren Tahfidz yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan dan Sosial Keagamaan Mujahidin. Jenjang Pendidikan di Al-Firqoh An-Najiyah mulai dari SMP, SMA , hingga Pendidikan Tinggi.

Al-Firqoh An-Najiyah menggunakan Kurikulum kepondokan yang fokus untuk Pendalaman ilmu Syar’i dengan tujuan utama mencetak kader ulama untuk mengembangkan kemuliaan Islam melalui Al Qur’an & Sunnah.

Keunggulan pesantren ini di antaranya:
1. Program Tahfidz Al-Quran bersanad, hafal Al Quran 30 Juz dengan bacaan yang benar
2. Pengajar yang berkompeten
3. Pilihan Jurusan IPA & IPS
4. Billingual ( Arab & English )
5. Pendampingan Tahfidzul Al-Quran secara intensif ( 1 Musrif/ah Maksimal 9 Santri )
6. Pengajaran Tahsinul Qiro'ah Secara Intensif
7. Pelatihan Menjadi Imam Masjid
8. Fokus pada penguasaan dasar- dasar Ilmu Syar'i
9. Extrakulikuler Wajib dan Pilihan Meliputi : Memanah, Berenang, Tata Boga Dll.
10. Pembentukan karakter santri yang berakhlakul karimah
11. Organisasi Santri yang meliputi OSMANI & OSTIFA

Informasi lebih lengkap silahkan mengunjungi website pesantren Alfirqoh Annajiyah.

Arrohmah Tahfidz, Batu

Arrohmah pondok tahfidz

Arrohmah lebih dikenal dengan nama Islamic Boarding School (IBS) Arrohmah. Arrohmah memiliki beberapa program pendidikan mulai dari tingkat SMP. Arrohmah yang secara khusus merupakan program tahfidz disebut Arrohmah Tahfidz.

Untuk Arrohmah Tahfidz menempati Kampus 3 yang berlokasi di kota Batu, tepatnya di Jl. Locari No.17, Krajan, Sumbersekar, Kec. Dau, Malang, Jawa Timur. Untuk semua program, sebenarnya ada materi tahfidznya. Namun, jika ingin yang khusus tahfidz 30 juz bisa memilih program SMA TAKHASSUS, dengan waktu belajar 4 tahun.

Arrohmah ini berada dalam naungan Yayasan Pesantren Hidayatullah. Bagi yang sudah kenal lembaga pendidikan ini tentu sudah mengenal kualitas pendidikannya yang menggunakan Kurikulum Integrasi.

Dengan menerapkan pendidikan berbasis pesantren, Arrohmah memadukan aspek intelektual, life skill, kepemimpinan, dan aspek mental-spiritual. 

Al-Izzah Batu

Pesantren tahfidz Malang di Jawa Timur

Berlokasi di Jl. Indragiri Gg. 6, Sumberejo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur, Pesantren Al-Izzah Malang lebih dikenal sebagai Internatioal Islamic Boarding School (IIBS), dan bukan pondok tahfidz. Namun, sebenarnya Al-Izzah Malang mewajibkan santri untuk menghafal Al-Quran dengan ketentuan minimal 10 juz.

Untuk program tahfidz, ada 3 kelas, yakni kelas reguler dan kelas Cambridge dengan target 10 juz, kelas Madinah dengan target 30 juz.

Untuk mencapai target hafalan ini akan ada satu bulan khusus yang diperuntukkan hanya untuk menambah hafalan, atau biasa disebut dengan daurah..

Saat daurah, seluruh santri melakukan setoran hafalan Al-Qur`an sebanyak lima kali dalam sehari, dan berlangsung selama satu bulan penuh. Kegiatan pembelajaran akademik diliburkan sementara.

Dan untuk menjaga hafalan, para santri Al-Izzah juga wajib mengikuti halaqah tahfidz yang dilakukan sebanyak dua kali sehari, yakni setelah salat maghrib dan subuh.

Lakukan Ini Sebelum Memutuskan Pilihan

Setelah mendapatkan informasi pondok tahfidz terbaik di Jawa Timur, Anda bisa berdiskusi dengan anak dan anggota keluarga lain. Gali informasi lebih dalam melalui website dan sosial media masing-masing.

Apabila memungkinkan, lakukan survey bersama Ananda ke pondok yang menjadi pilihan. Biasanya pesantren memberikan kesempatan survey kepada calon santri dan menyediakan waktu dan pemandu khusus.

Hal yang paling penting saat memilih pesantren adalah mengajak Ananda beristikharah untuk mendapatkan pilihan terbaik. Apa yang Allah pilihkan insyaAllah itulah yang terbaik bagi Ananda.

Demikian panduan memilih pondok tahfidz terbaik di Jawa Timur yang sebaiknya disesuaikan dengan minat dan kebutuhan anak serta kondisi masing-masing keluarga. Baarakallaahu fiikum.

Post a Comment

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!