Ganti Judul dan ALt sendiri

Belajar SEO Untuk Pemula Bersama Pakar Digital Marketing Klikdokter

Dasar dasar seo

Jum’at malam, tanggal 19 Juli 2024, saya mengikuti webinar SEO yang diadakan oleh BRT Network. BRT (Blogger Ruang Tunggu) mendukung blogger untuk terus bertumbuh dengan menjadi wadah belajar, berlatih meningkatkan skill, dan berjejaring dengan sesama blogger. Pada webinar kali ini, BRT Network memfasilitasi belajar SEO untuk pemula dengan judul "SEO Checklist For Blogger". Narasumbernya adalah seorang praktisi SEO platform healthcare, Klikdokter.

Namanya mas Miftahul Khoir. Beliau berpengalaman di dunia digital marketing selama 8 tahun. Nanti kita akan berkenalan lebih lanjut dengan profil beliau.

Beberapa teman berkomentar materi yang mas Miftah berikan malam itu bener-bener daging banget. Banyak insight yang tidak akan kita dapatkan jika hanya menyimak handbook SEO yang banyak beredar.

Tapi sedaging-dagingnya materi, tentu saja tidak akan berpengaruh maksimal menjadi nutrisi bergizi kalau kita tidak bisa mencernanya dengan baik. Betul tidak? Nah, tulisan ini saya buat sebagai salah satu cara bisa mencerna kembali apa yang beliau sampaikan di webinar tersebut. Butuh pengulangan dan refleksi agar ilmu itu bisa lebih nempel.

Bagi teman blogger yang juga tertarik belajar SEO, boleh banget ikut menyimak dan berdiskusi dengan saya di sini.

Blogger Belajar SEO, Seberapa Penting?

Materi SEO sering menjadi momok menakutkan bagi sebagian blogger. Menarapkan SEO merupakan hal sulit, ribet karena sangat banyak cheklistnya.

Bagi saya sendiri, belajar SEO menjadi hal yang menantang. Yang menjadi hambatan saya adalah, banyak istilah teknis yang tidak mudah dipahami dan tidak berani praktik utak-atik blog sendiri apalagi yang berkaitan dengan kode html.

Tapi sebenarnya, haruskah semua blogger belajar dan praktik SEO (Search Engine Optimization)? Sepenting apa sih SEO bagi blogger?

Menurut Mas Miftah, penting atau tidaknya SEO tergantung masing-masing blogger. Apabila tujuan ngeblognya hanya untuk dokumentasi pribadi dan tidak ada urgensi untuk perlu dibaca banyak orang, tidak menerapkan SEO ya tidak apa-apa.

Tapi apabila tujuan ngeblognya untuk komersial, atau memberi sebesar-besarnya manfaat bagi orang lain dengan kontennya, tentu perlu cara membuat blognya agar menjangkau banyak audiens. Caranya ya tentu saja dengan mempraktikkan SEO. Mencari cara agar konten blognya disayang google sebagai search engine (mesin pencarian) yang diakses pembaca.

Jadi, kembali ke the big why ngeblog masing-masing orang ya, teman. Kamu sendiri sebagai blogger termasuk yang perlu SEO atau tidak?

Belajar SEO Untuk Pemula Bersama Mas Miftah Klikdokter

Perkenalan

Pemateri SEO

Webinar SEO Checklist For Blogger ini disampaikan oleh Mas Miftahul Khoir. Beliau saat ini bekerja sebagai digital marketing di klikdokter.com dan hallobumil.com.

Mas Miftah, begitu biasa beliau disapa, juga aktif mengedukasi generasi muda tentang digital marketing baik dalam event offline maupun online.

Cerita Bagaimana Sampai Ahli SEO

Di webinar kemaren, mas Miftah tidak hanya menyampaikan materi SEO. Beliau juga bercerita tentang bagaimana ceritanya hingga bisa nyemplung di dunia digital marketing.

Ternyata beliau basic pendidikannya bukan digital marketing. Bisa menekuni bidang ini juga bukan by design tapi by accident. Kalau sedang bicara materi SEO, beliau layaknya seorang expert. Tapi saat bercerita bagaimana beliau berjuang menjadi expert, ini menjadi insight juga bagi kita untuk meneladani perjuangannya menguasai ilmu SEO dan lebih luas lagi digital marketing.

Selama 2-3 tahun Mas Miftah belajar SEO, begadang hampir setiap hari. Menghabiskan banyak uang hingga keuangannya minus untuk belajar dan praktek SEO, membeli domain, sewa hosting, membeli tools SEO. Membuat lebih dari 100 blog untuk audit, testing, hingga cukup mahir dan mampu mendatangkan trafik ke blognya.

Mendengar sisi humanis seperti ini, juga menjadi inspirasi bagi kita untuk pantang menyerah saat ingin menguasai sesuatu. Jadi bertanya pada diri sendiri, seberapa tangguh aku sanggup berkorban demi belajar SEO dan mengurus blog?

Mas Miftah telah menempatkan diri sebagai petarung dalam kompetisi memenangkan SERP. Dia men-challenge dirinya agar bisa berada di halaman depan pencarian google.
Mindset siap berkompetisi untuk menjadi pemenang di hati pembaca inilah yang harus dimiliki oleh seorang blogger. Dan mempraktekkan ilmu biar tulisanmu nangkring di atas atau SEO inilah yang harus dilakukan.

SEO Checklist For Blogger, Winning The SERPs

Pemaparan tentang SEO Checklist oleh Mas Miftah cukup banyak, teman. Mohon maaf saya tidak bisa menyajikannya secara lengkap di sini. Saat webinar, saya merasa banyak ketinggalan materi tentang SEO dan blog pada umumnya. Jadi, penangkapan saya kadang kurang baik. Definisi terbata-bata belajar deh pokoknya.

Oke deh, saya coba merangkum beberapa hal penting di sini. SEO Checklist dibagi menjadi 2, yaitu:

1. Content Artickle On Page On Site

2. Technical Audit

Untuk lebih rincinya bisa dilihat pada tabel checklist ya.
Content Checklist For Blogger

Pada materi Checklist content Artickle SEO On Page On Site, mas Miftah meng-highlight beberapa hal.

Skill Dasar Content Writer

1. Kemampuan Kreatif
Content writer harus mampu menghasilkan ide-ide kreatif dan menarik untuk konten mereka

2. Solutif
Actionable, Comprehensive, Trustworthy, Targetted

3. Kemampuan Teknis
Menguasai tools dan paham cara kerja search engine

Pengembangan Topik Halaman

Setiap blogpost bisa dikembangkan agar lebih menarik, kaya, dan tepat sasaran dengan melakukan cara berikut:

1. Brainstorming
Menghasilkan ide-ide segar dan inovatif untuk konten yang menarik

2. Sorytelling
Mengemas konten dengan narasi yang memukau dan mengikat audiens. Tulisan yang dikemas dengan model bercerita akan membuat pembaca betah berlama-lama menikmati tulisan hingga tak sadar telah membaca sampai akhir.

3. Base On Data
Menciptakan konten yang selalu berkembang berdasarkan data.

Positioning

Mas Miftah mengingatkan agar setiap blog memiliki POSITIONING. Misalnya seperti Klikdokter yang positioningnya sebagai website yang menginformasikan kesehatan dan lifestyle. Jadi setiap kali menulis, sebaiknya riset dulu apa yang ingin dicapai dari tulisan itu.

Cara positioning bisa dengan langkah berikut:

1. Set target utama blog

2. Jangan utamakan SEO

3. Pahami audiens kamu

SEO bukan hanya tentang trik dan teknik untuk memanipulasi mesin pencari. Jadi jangan hanya berorientasi untuk diperhatikan google saja, tapi fokuslah pada memberikan pengalaman pengguna terbaik (pembaca blog).

Mengenali audiens itu penting. Jangan sampai target audiens untuk bapak-bapak tapi gaya penulisan dalam konten seperti berbicara ke gen Z. Tentu akan terasa canggung dan tidak tepat sasaran. Akan sulit juga mendapatkan pembaca loyal.

YMYL

YMYL adalah singkatan dari Your Money Your Life, yaitu sebuah topik konten pada halaman website. Topik konten YMYL bisa mempengaruhi dan berdampak bagi kehidupan seseorang.

Karena itu seorang blogger harus berhati-hati dan bertanggung jawab saat menulis konten YMLY. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap penilaian pembaca terhadap blog tersebut dan juga penilaian google dalam menentukan kualitas blog. Konten YMLY yang berkualitas tinggi berpeluang memenangkan SERP.

Blog YMYL yang seperti apa sih? Coba analisis blog kamu termasuk kategori YMLY dengan panduan berikut:

Tidak YMLY: pemenang penghargaan musik, berita tentang olahraga, cerita perjalanan hidup, reviewer gadget.

Mungkin YMYL: berita cuaca, kecelakaan mobil, cara membersihkan gigi

Pasti YMLY: Banking, industri kesehatan, pendidikan, berita tindak pidana, hukum, farmasi

E-E-A-T

Konsep E-E-A-T termasuk yang diperhitungkan dalam menentukan kualitas dan juga kredibilitas sebuah halaman website atau situs.

Dalam konteks SEO, memahami konsep E-E-A-T adalah kunci untuk mengoptimalkan konten agar relevan dan kredibel di mata mesin pencari.

E-E-A-T merupakan singkatan dari:

Experience (Pengalaman):

Konten berdasarkan pengalaman penulis atau dapat mengungkapkan pendapat pribadi.

Expertise (Keahlian)

Konten yang ditulis oleh ahli, yang memiliki kredibilitas, kualifikasi ,dan pendidikan yang relate dengan topik yang ditulis.

Authoritativeness (Otoritas)

Reputasi website di kalangan pakar atau influencer, kewenangan seseorang dalam membahas masalah YMLY.

Trustworthiness (Kepercayaan)

Bangun rasa percaya user pada kontennya, seperti menghindari praktek-praktek cloacking dan konten yang menipu.

Menurut mas Miftah, trustworthiness inilah core-nya di antara yang lainnya. Jadi, agar pembaca percaya dengan konten kita, sertakan data dan sumber terpercaya.
Sebagai contoh Klikdokter mengambil referensi dari Mayo Clinic yang sudah dipercaya secara global. Untuk trik memasukkan backlink, bisa menggunakan rel nofollow.

Content Mapping

Content mapping secara sederhana bisa dilihat melalui ilustrasi berikut: 
Content mapping website

Untuk strategi linking, mas Miftah memberi saran aga tidak terlalu kaku mengikuti aturan google bot 1:3. Konsep internal link adalah sebagai navigasi. Mau kasih banyak internal link boleh. Yang perlu jadi acuan adalah relevansi dan value link dan anchor textnya. Sedangkan pemilihan anchor text sebaiknya sesuai dengan konteksnya.

Misalnya sebuah halaman artikel tentang penyakit yang disebabkan oleh defisiensi magnesium. Pokok bahasan artikel adalah tentang penyakitnya. Di artikel tersebut ada internal link menuju ke artikel tentang magnesium. Maka, sebaiknya untuk anchor text dan relevansi link dengan artikel, bisa gunakan anchor text "kadar magnesium rendah" (menuju ke artikel tentang kadar magnesium, atau "suplemen magnesium" (menuju artikel tentang suplemen magnesium). Jangan gunakan anchor text "magnesium" karena ini terlalu luas bahasannya (bisa mineral bumi) dan tidak sesuai konteksnya yang membahas mineral tubuh.

Navigasi Website

Navigasi Website/blog yang jelas dan memudahkan pengunjung juga berpengaruh pada SEO. 
Tips SEO

Content Performance

Bagaimana sih nilai konten kita di mata SERP dan audiens? Untuk SERP, google memberikan kesempatan bagi konten untuk tampil lebih rich di halaman depan pencarian.

Bentuknya berupa featured snippet, knowledge panel, people also ask, dan featured image. Sering lihat kan di halaman depan google?

Comprehensive Content

Bangunlah blog yang informatif dan memenuhi kebutuhan audiens. Di sini menentukan niche yang spesifik dan postingan konsisten menjadi hal penting.

Saat seorang pembaca masuk ke blog kita melalui SERP (google search), buatlah dia terpenuhi dengan informasi apa yang dibutuhkankannya. Blog yang komprehensif menyajikan informasi yang lengkap tentang suatu topik. Misal tentang penyakit kanker. Jika lengkap, maka kebutuhan audiens untuk tau informasi seputar kanker, mulai dari jenisnya, cara mengobatinya, apa terapinya, dan lain sebagainya tersedia di blog itu.
Berfokuslah membuat audiens mendapatkan manfaat dari blog kamu. Jadi audiens merasa cukup dan tidak kembali ke google search untuk mencari informasi lain
Untuk konten yang bersifat komersial, berfokuslah pada masalah yang dialami audiens. Kemudian tawarkan solusinya. Dari sini bisa sambil menawarkan produk atau jasa.

Mengenal Cara Kerja Google

Blogging sejatinya berjualan tulisan atau konten. Kalau google diibaratkan mall dan blog atau website sebagai toko atau tenant di mall tersebut. Kalau ingin jualan kita laris di google, maka harus paham betul bagaimana cara google bekerja dan memahami aturan-aturan yang berlaku di google.

Blogger harus memahami bagaimana cara google bekerja menampilkan SERPs (Search Engine Result Pages). Apakah artikelmu muncul dalam SERP itu atau tidak? Kalau tidak muncul, tentu pembaca berkunjung ke blogmu secara organik menjadi hal yang mustahil.

Bagaimana artikel kita muncul di SERP merupakan hasil kerja google bot. Bot melakukan Crawling (merayapi) halaman blog. Setelah itu google melakukan indexing dalam data base google. Artikel yang sudah terindeks itulah yang akan muncul di SERP atau halaman pencarian google.

Technical Audit Checklist mencakup to do list teknis yang berkaitan dengan kode-kode html dan pengaturan blog.  
SEO Checklist

Dalam technical Audit, setting harus dilakukan agar si google bot bisa meng-crawling blog secara menyeluruh. Apa yang dilihat bot dan user di browsernya masing-masing (CSR: client site rendering) itu berbeda. Bot membaca kode html yang ditampilkan di server. Apabila setting bot tidak benar, bot hanya membaca halaman putih saja sehingga untuk indexing perlu waktu.

Sepertinya saya perlu cek ulang apakah setting bot saya sudah benar. Di technical audit ini banyak istilah yang kurang saya pahami, seperti rendering, orphan. Padahal tadi sudah dijelaskan tapi qadarullah penangkapan saya cukup memprihatinkan.

Pembahasan selanjutnya mengenai analisis performance SERP dan user interaction. Ini pembahasan berat lagi bagi saya. Blogger harus paham soal GA dan GSC. Demi performa konten yang baik, diperlukan pemahaman terukur tentang bagaimana proses konten mendapatkan audiens dari google.

Secara umum pada SERP, konten akan ditampilkan google dalam format meta title dan meta deskripsi. Karena itu penting banget membangun konteks yang menarik perhatian user.

2 jam webinar belajar SEO untuk pemula ini terasa masih kurang puas. Seperti baru membuka wawasan baru tentang dunia SEO. Belum lagi nanti praktek teknisnya.

Webinar ini nggak melatih kita untuk ngerjain satu-persatu ceklist audit blog ya, teman. Mas Miftah hanya kasih paham ke blogger tentang pentingnya ceklist SEO tersebut untuk pertumbuhan blog kita. Nggak kebayang butuh berapa hari kalau ngajarin teknisnya satu per satu. Apalagi kalo testing langsung. PR kita banyak wahai para blogger pemula! We really need SEO bootcamp!! Eh, sanggup ga ya.....

Jurus Mudah Jago SEO

Seorang teman blogger bertanya pertanyaan yang langsung bikin saya sumringah. Kira-kira gini pertanyaannya...ada nggak tips mudah SEO biar cepet gitu nangkring di page atas google?

Wah, saya menunggu juga nih tips mudah kayak gini. Tapi jawaban mas Miftah bikin langsung balik kucing: NGGAK ADA!!! Yaaah.
Cara mudah belajar SEO

Mas Miftah memberi petuah bijak. Jangan terburu-buru, SEO itu nggak instan (ingat perjuangan beliau belajar SEO tadi). Terapkan 2 hal ini untuk SEO:

1. Pahami fundamental SEO dan cara kerja google.

2. Berdiri di kaki user (pikirkan dan optimalkan memberikan value bagi user)
Tips SEO mudah

Kamu Mau Jago SEO Juga?

Belajar SEO harus selalu ingat tujuan jangka panjang kita mengapa ngeblog. Berkutat dengan checklist blogpost maupun technical audit yang cukup rumit itu tentunya akan membuat semangat kita on off.

Bagi kalian yang pernah belajar atau malah berkutat dengan dunia online seperti jualan online atau content creator, ilmu SEO itu ibaratnya teknik laris jualan online. Jadi sama-sama masuk dalam digital marketing.
Mempelajari, mempraktekkan, dan menguasai ilmu SEO merupakan sebuah tantangan, namun juga membuka peluang bagi mereka yang beradaptasi dan berinovasi
Dengan fokus pada kualitas konten, strategi SEO yang cerdas, dan pemanfaatan berbagai saluran pemasaran (sosial media), blogger dapat terus menjangkau audiens tertarget dan sukses membangun blognya.

Selepas webinar ini, saya makin dibuat sadar bahwa menjadi blogger itu bukan cuma asal bisa nulis dan posting aja. Harus mau belajar SEO kalau mau jadi blogger yang tulisannya lebih bermanfaat dan menjangkau banyak pembaca.

Belajar SEO dengan serius jujurly membuat saya sampai ke titik mual dan pening. Tapi tips dari mas Miftah tentang untuk selalu membuat konten yang mementingkan kebutuhan pembaca lumayan meredakan gejolak ingin menyerah saja yang sempat terlintas.

Dan saya rasa tetap menulis dengan rileks seolah tengah berbicara dengan orang yang kita pedulikan itu juga akan membantu agar kita sebagai blogger tidak spaneng dengan SEO.

Bisa juga menempatkan diri kita sebagai peselancar dunia maya. Apa yang sebenarnya kita harapkan dari sebuah tulisan yang kita dapatkan dari hasil ketikan keyword di kolom pencarian. Yah, itu saja rumusnya kalau tidak mau atau lagi jenuh mikirin SEO.

Nah teman blogger, sekian cerita dan rangkuman minimalis saya dari webinar belajar SEO untuk pemula bersama Mas Miftah dan BRT Network. Kalau kamu, mau jago SEO juga nggak? Cara apa yang bakal kamu lakukan biar bisa jago SEO untuk menumbuhkan blog kamu? Siapkan checklist auditmu mulai sekarang. Sharing, yuks!
 


1 comment

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!
  1. Aku juga galau ini jadinya. Ibarat pepatah hidup segan mati tak mau. Belajar SEO kok berat tapi menyerah kok sayang. Heu...heu... Ayo jelaskan lagi tentang ini di grup 😁

    ReplyDelete